Tabungan Ekstra

Tabungan Ekstra
cara nabung yg menguntungkan

Pay Per click Paling Mahal!blm apa2 udah $24 cash out $75

Cari duit Mudah cuma tinggal KLIK!

Cari duit yg gampang dengan Modal Gratis

Woro-Woro....

Telah di terbitkan Blogger Dlast Pattaya
alamatnya di dlastpattaya.blogspot.com
atau klik link di rentetan link ku...

Web Technology  

Kamis, 18 Desember 2008

Sedikit penjelasan dari PC media
Web 1.0 merupakan website konvensional dimana web 1.0 merupakan jenis web statis, sehingga kurang/ tidak ada interaksi dari pengunjung. Web 2.0 merupakan sebuah website dimana pengunjung dapat ikut “meramaikan” isi dari website tersebut, hal ini dikarenakan web 2.0 merupakan jenis website dinamis. Sedangka definisi web 2.0 oleh Tim O’Reilly (pendiri O’Reilly Media), web 2.0 adalah revolusi bisnis pada industri komputer yang dikarenakan oleh perpindahan internet menjadi sebuah platform. Sedangkan istilah web 3.0 mengacu pada pengertian semantic web, dimana content web ditampilkan tidak hanya dengan format bahasa manusia yang umum (natural language), tetapi juga dalam format yang dapat dibaca dan digunakan oleh mesin (baca : software), sehingga web 3.0 akan memiliki kecerdasan buatan sehingga sebuah search engine akan dapat menemukan dan mengintegrasikan sebuah informasi dengan mudah. Selain itu pada web 3.0 diharapkan website merupakan database, sehingga semakin interaktif dan dinamis kepada para pengunjung atau dinamakan data web.

Di zaman sekarang ini, hampir semua orang mengenal internet. Banyak orang yang melakukan akses ke internet setiap harinya bahkan tidak sedikit dari meraka yang menjadikan internet sebagai ladang pencarian. Para pengguna internet tentunya tidak asing lagi dengan istilah web yang sudah menjadi makanan sehari-harinya. Web sendiri memiliki pengertian sebagai suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). Saat ini Web sudah mengalami peningkatan yang tajam seiring dengan berkembangnya zaman. Banyak praktisi yang memberikan label Web 1.0, Web 2.0 dan Web 3.0, ini untuk memudahkan pembahasan sekaligus menandai perkembangan teknologi Web.

Berikut adalah sedikit rincian penjelasan tentang perkembangan teknologi Web:
WEB 1.0
Dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Ciri-cirinya yang mencolok yaitu consult, surf dan search. Pengguna hanya bisa browsing dan searching data saja. Aplikasi ini menggambarkan hubungan yang searah, statis, dan saling berdiri sendiri antara pemilik /penerbit situs dengan pembacanya dengan fokus adalah “saya” sebagai pemilik situs dan situs itu sendiri. Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan web statis. Aplikasi ini kurang begitu diminati, karena kurangnya umpan balik dari pengguna.
WEB 2.0
Web 2.0, adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media dan didefinisikan sebagai berikut:
“Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut.”
Meskipun terlihat seperti menunjukkan versi baru dari web, tetapi istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan spesifikasi teknis World Wide Web, melainkan lebih kepada bagaimana cara pengembang sistem dalam menggunakan platform web.
Para pengguna bisa bertukar informasi dan sharing pengetahuan ke pengguna lainnya. Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source “). Aplikasi ini adalah hasil dari siklus peluncuran (release cycle) perangkat lunak. Banyak keuntungan dari aplikasi ini karena dapat digunakan dan diadopsi oleh user. Teknologi yang dipakai adalah AJAX (Asynchronous JavaScript and XMLHTTP).

Teknik Aplikasi Internet adalah HTML dan XHTML (eXtensible HyperText Markup Language). Weblog-publishing tools. Jenis interaksi yang dapat dilakukan pada era kedua ini antara lain untuk saling bertukar informasi (sharing), eksploitasi informasi, dan juga pembuatan komunitas-komunitas online seperti yang marak saat ini, seperti Friendster, Multiply, YouTube, Wiki atau forum software, dan lain-lain. Aplikasi ini merupakan web dinamis, karena di dalam aplikasi ini bisa terjadi hubungan 2 arah.
Perbedaan yang mencolok pada Web 1.0 dan Web 2.0 adalah keterbatasan Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di dalamnya. Sedangkan dengan Web 2.0 pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.

WEB 3.0
Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001. Ketika Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Aplikasi ini memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide. Web 3.0 menawarkan metode yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 juga memungkinkan fitur Web menjadi sebuah sarana penyimpanan data dengan kapasitas yang luar biasa besar.
Web 3.0 dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan (Artificial Intelegence). Aspek yang diutamakan adalah aspek interaksi. Bagaimana sebuah web dapat memberikan sebuah interaksi sesuai dengan kebutuhan informasi setiap pemakaianya. Kemampuan interaksi ini dimulai dengan adanya web service. Web service adalah aplikasi yang dapat diakses oleh aplikasi yang lain. Menyimpan data dalam bentuk XML. Dapat diakses oleh multi platform. Pada aplikasi ini pengguna bisa membuka konten-konten yang dibutuhkan saja tanpa perlu membukan konten tersebut satu per satu.

Teknologi WEB 3.0, antara lain :

SOAP
(Simple Object Access Protocol ) adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML melalui jaringan komputer atau sebuah jalan untuk program yang berjalan pada suatu sistem operasi (OS) untuk berkomunikasi dengan program pada OS yang sama maupun berbeda dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk pertukaran data.

REST
representational state transfer atau transfer keadaan representasi , adalah suatu gaya arsitektur perangkat lunak untuk untuk pendistibusian sistem hipermedia seperti WWW.

WSDL
format XML yang diterbitkan untuk menerangkan webservice .
WSDL mendefinisikan:
pesan-pesan (baik yang abstrak dan kongkrit) yang dikirim ke dan menuju web service, koleksi-koleksi digital dari pesan-pesan (port type, antarmuka). Bagaimana port type yang ditentukan dijadikan wire protokol di mana servis ditempatkan.

WDDX
Web Distributed Data eXchange. Mekanisme pertukaran data dari lingkungan yang berbeda

Apakah Web 3.0 adalah yang terakhir?? Ataukah akan muncul Web-Web lainnya. Mari kita lihat saja bagaimana kelanjutan perkembangan teknologi Web ini di masa yang akan datang……..
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_2.0
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_3.0
http://newmedia … continue reading this entry.


Si Baru yang Super Cepat

AddThis Social Bookmark Button


0 komentar: to “ Web Technology

 

Design by hackerunyil,abankzuya.blogspot.com